PENGEMBANGAN POSYANDU PRIMA DI DESA GIRIMEKAR KABUPATEN BANDUNG

  • Tuti Surtimanah Prodi Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dharma Husada, Bandung, Indonesia
  • Irfan Nafis Sjamsuddin Prodi Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dharma Husada, Bandung, Indonesia
  • Ejeb Ruhyat Prodi Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dharma Husada, Bandung, Indonesia
  • Gugum Pamungkas Prodi Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dharma Husada, Bandung, Indonesia

Abstract

Transformasi kesehatan dicanangkan kementerian Kesehatan Tahun 2022 diantaranya pengembangan Posyandu Prima sebagai salah satu transformasi pelayanan kesehatan primer. Posyandu Prima adalah wadah pemberdayaan masyarakat yang  memberikan pelayanan kesehatan dasar dan pelayanan lainnya sesuai dengan  kebutuhan secara terintegrasi di Desa dan Kelurahan. Posyandu Prima bekedudukan di tingkat Desa atau Kelurahan. Pengabdian Masyarakat bertujuan mengembangkan Posyandu Prima di Desa Girimekar. Kegiatan dimulai dengan advokasi kepada Kepala Puskesmas Cilengkrang, Kepala Desa dan Sekretaris Desa, serta Bidan di Desa Girimekar. Selanjutnya dilakukan sosialisasi kepada 27 orang kader dari seluruh Posyandu di Desa Girimekar serta pelatihan kepada  4 orang kader calon pelaksana Posyandu prima dan satu orang Bidan di Desa Girimekar. Terbentuk Posyandu Prima dengan terbitnya Peraturan Desa, serta kepengurusan Posyandu Prima dengan terbitnya Surat keputusan Kepala Desa. Posyandu Prima sudah mulai buka dua minggu satu kali, namun koordinasi dengan Posyandu tingkat RW untuk pemberdayaan masyarakat melalui kunjungan keluarga belum dimulai. Agar Posyandu prima berjalan berkesinambungan sesuai kegiatan yang ditetapkan, telah dilakukan advokasi kepada Kepala Puskesmas dan pengelola Upaya Kesehatan Bersumber-daya Masyarakat di Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung agar dilakukan pembinaan secara berkelanjutan.

References

1. Kementerian Kesehatan RI. Transformasi Indonesia Sistem Kesehatan. Published online 2022.
2. Kementerian Kesehatan RI. Poster_Transformasi_Pelayanan_ Kesehatan_Primer. 2022
3. Kementerian Kesehatan RI. Panduan Posyandu Prima.; 2022. https://drive.google.com/file/d/1492k.
4. Kementerian Kesehatan RI. Buku Pegangan Kader Posyandu Dalam Melakukan Kunjungan Rumah.; 2022.
5. Pratomo H. Advokasi - Konsep, Teknik Dan Aplikasi Di Bidang Kesehatan Di Indonesia. PT Raja Grafindo Persada; 2015.
6. Global health Institute. Global Health Advocacy Guide. University of California
7. Public Policy H. Public health advocacy Healthy Public Policy. 2009; (November).
8. UNICEF. a Guide for Public Health Advocacy?: Published online 2022.
9. Irsal. Annah. Pemberdayaan Kader Posyandu dalam Pengolahan Data dan Pelayanan Kesehatan Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2022;1(1).
10. Dwiyanti Purbasari. The Role Of Partnership Of Integrated Service Post Cadre In The Continuity Of Pregnancy Visit Based On Perception Of Pregnant Women In The Working Area Of Sendang Community Health Center Cirebon District. Jurnal Kesehat Mahardika. 2018;5(2):1-6. doi:10.54867/jkm.v5i2.49
11. Fitriahadi E, Khusnul L. Program Kemitraan Masyarakat Tentang Pelatihan Kader Posyandu Lansia Di Wilayah Betokan, Tirtoadi, Godean, Sleman. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan. 2019;1(2):5. doi:10.26714/jpmk.v1i2.4913
12. Suprapti, Triningsih RW, Setyarini DI. Program Kemitraan Masyarakat bagi Kelompok Kader Tangguh masa New Normal dalam Pemantauan ibu hamil dengan pemanfaatan buku KIA di wilayah Puskesmas Mulyorejo Kota Malang. Dharma Bakti. 2021;4(1):1-9.
Published
2023-05-26
How to Cite
Surtimanah, T., Nafis Sjamsuddin, I., Ruhyat, E., & Pamungkas, G. (2023). PENGEMBANGAN POSYANDU PRIMA DI DESA GIRIMEKAR KABUPATEN BANDUNG. Abdi Masada, 4(1), 19-29. https://doi.org/https://doi.org/10.38037/am.v4i1.71
Section
Articles