BUKU SAKU SUAMI TERHADAP PENDAMPINGAN ISTRI DI KLINIK CITAMA BOJONGGEDE KABUPATEN BOGOR

  • Lerry Septiani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dharma Husada, Bandung, Indonesia
  • Kadesma Fadhila Clara Sarasati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dharma Husada, Bandung, Indonesia
  • Teni Nurlatifah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dharma Husada, Bandung, Indonesia

Abstract

Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan suami tentang pendampingan istri yang sedang hamil sehingga suami dapat merasa lebih terlibat dalam perjalanan kehamilan pasangannya, memperoleh pengetahuan yang diperlukan, dan memberikan dukungan yang lebih baik secara emosional dan fisik. Dilakukan di Klinik Citama Bojonggede Kabupaten Bogor. Stakeholder yang terlibat dalam program ini meliputi internal (Puskesmas Citama Bojonggede dan organisasi profesi) dan eksternal (masyarakat, kader kesehatan, dan suami yang mempunyai istri hamil). Tahapan program ini meliputi pembentukan tim dan perancangan program, penyertaan lembar balik, penyusunan pedoman dan pengolahan data dasar, sosialisasi lembar balik, penyusunan laporan program, dan publikasi hasil program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini efektif memfasilitasi layanan bidan dalam memberikan edukasi pendampingan suami kepada istri dan mudah disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Flip sheet tersebut dilaporkan mampu membantu dan memudahkan pengguna dalam memberikan edukasi sesuai kebutuhan program pelayanan kesehatan ibu hamil dan melahirkan. Dengan demikian, program ini telah memenuhi target, artinya pengguna dapat merasakan kegunaan dan manfaat buku panduan ini secara efektif dan efisien. Selain itu, manfaat buku pegangan ini dapat dijadikan landasan dalam memberikan edukasi untuk mengubah pola pikir suami terhadap pendampingan istri.

References

Handayani, R. (2015). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kecemasan Menjelang Persalinan Pada Ibu Primigravida Trimester III di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Padang Tahun 2012. Ners Jurnal Keperawatan, 11(1), 6271.
Hasanah, M. (2019). Pengaruh Pendampingan Suami Terhadap Pengurangan Rasa Cemas Pada Proses Persalinan Ibu Primigravida Kala I Di Klinik Pratama Jannah Medan Tembung Tahun 2018.
I Nyoman Dewa Supairasa. Penilaian Status Gizi. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC; 2016. KBBI. Kamus Besar Bahasa Indonesia [Internet]. 2023. Available from: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kebijakan
Kemenkes RI. (2020). Pedoman pelayanan antenatal, persalinan, nifas, dan bayi baru lahir. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Tentang Standar Profesi Bidan [Internet]. Vol. 8. Jakarta; 2020. 147154 p.
Kesehatan K. Profil Kesehatan Indonesia. 2018; Available from: https://www.kemkes.go.id/downloads/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan- indonesia/profil-kesehatan-indonesia-2018.pdf
Kristianti, S., & Kusmiwiyati, A. (2017). Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil Dengan Kemandirian Ibu Primipara Dalam Perawatan Neonatus Di Puskesmas Sukorame Kota Kediri. Jurnal Ilmu Kesehatan, 5(2), 56.
Notoatmodjo S. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2012.
Siti Cholifah, Paramitha Amelia Kusumawardani, Lely Ika Mariyati, & Syndy Syeny Yuana. (2021). Pendampingan Kelas Ibu Hamil Dimasa Pandemi Covid. Jurnal Abadimas Adi Buana, 5(01), 1219.
Sutrisno S, Sinanto RA. Efektivitas Penggunaan Lembar Balik sebagai Media Promosi Kesehatan?:
Tinjauan Sistematis. J Kesehat Terpadu (Integrated Heal Journal). 2022;13(1):111
Published
2023-05-26
How to Cite
Septiani, L., Clara Sarasati, K. F., & Nurlatifah, T. (2023). BUKU SAKU SUAMI TERHADAP PENDAMPINGAN ISTRI DI KLINIK CITAMA BOJONGGEDE KABUPATEN BOGOR. Abdi Masada, 4(1), 66-69. Retrieved from http://abdimasada.stikesdhb.ac.id/index.php/AM/article/view/77
Section
Articles