Pengaruh Edukasi Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Bahaya Tidak Sarapan Pagi pada Siswa SDN 150 Gatotsubroto Kota Bandung
Abstract
Sarapan merupakan suatu hal yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, tetapi sering diabaikan, hal ini dapat beresiko pada kesehatan anak dan prestasi belajar anak. Mengetahui pengaruh Pendidikan kesehatan “ Sarapan” terhadap pengatahuan dan sikap siswa sekolah dasar Penelitian dilakukan di SDN 150 Gatotsubroto. Desain penelitian quasi eksperimen dengan rancangan pre test dan post test. Populasinya adalah seluruh siswa kelas 4- 6 berjumlah 323 orang. Sample yang digunakan total sampling. Intervensi diberikan dalam bentuk pendidikan kesehatan menggunakan video tentang sarapan sehat. Semua siswa diberikan quisioner sebelum dah setelah intervensi untuk mengukur tingkat pengetahuan dan sikap. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata tingkat pengetahuan sebelum intervensi 252 (78.0 %) memiliki pengetahuan yang baik dan meningkat menjadi 307 (95.0%) memiliki pengetahuan yang baik tentang sarapan sehat setelah intervensi. Pada variabel sikap diperoleh hasil bahw perbedaan rata-rata sikap sebelum intervensi 256 (79.3 %) memiliki sikap mendukung dan meningkat menjadi 316 (97.8%) sikap mendukung.Terdapat pengaruh intervensi terhadap pengetahuan dan sikap siswa (p=0,000). Edukasi kesehatan mempengaruhi sikap dan pengetahuan siswa tentang sarapan. Disarankan bagi sekolah untuk menggunakan metode belajar menggunakan video dan poster dalam meningkatkan tingkat pengetahuan dan sikap siswa.
References
Curtis, Kanki,B., Cousens,S., Diallo,I., Kpozehouen,A., Sangare,M.´& Nikiema,M. 2001. Evidence of behaviour change following a hygiene promotion programme in Burkina Faso Valerie. Bulletin of the World Health Organization. 79 (6):518-527